Rencana Bisnis


 

BISNIS PLAN

 

 

  1. Pendahuluan

      1.1.     Latar Belakang Masalah

Tujuan berdirinya bisnis ini adalah untuk memperoleh laba yang optimal dan menjamin kontiunitas. Kedua tujuan  ini dapat dikatakan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Dalam tujuan memperoleh laba, kami bermaksud untuk memenuhi kepentingan para pemilik modal dan untuk mengantisipasi penurunan nilai investasi sebagai akibat dari inflasi.Sedangkan tujuan menjamin kontiunitas bisnis, salah satu sasaran utama manajemen adalah memikirkan upaya untuk mempertahankan atau meningkatkan jumlah investasi para investor dalam penanamankan modalnya ke bisnis kami.

Setiap aktivitas yang dilakukan oleh kami selalu memerlukan dana, baik untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari maupun untuk membiayai investasi jangka panjangnya. Dana yang digunakan untuk melangsungkan kegiatan operasional sehari-hari  yang disebut modal kerja. Modal kerja ini akan terus berputar di dalam bisnis.

Modal kerja adalah nilai aktiva/ harta yang dapat segera dijadikan uang kas yaitu dipakai untuk keperluan sehari-hari, misalnya untuk membayar gaji pegawai, membeli bahan baku/ barang, membayar ongkos angkutan, membayar hutang dan sebagainya. Oleh sebab itu kesalahan dalam mengelola modal kerja mengakibatkan kegiatan usaha dapat terhambat atau terhenti sama sekali. Penggunaan modal kerja secara efektif sangat penting dilakukan untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup bisnis dalam jangka panjang.Semakin besar modal kerja yang dimiliki mengindikasikan semakin baiklah kondisi bisnis tersebut.

Untuk mengukur tingkat efektifitas dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya adalah aspek perputaran modal kerja.Perputaran modal kerja dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya adalah perputaran piutang dan perputaran persediaan. Semakin efektifnya perputaran modal kerja, ini akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan laba yang didapat selama satu periode. Pengelolaan modal memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha menciptakan laba.Modal kerja juga menggambarkan kemampuan memperoleh laba melalui pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan operasi.

Pencapaian laba dalam bisnis ini dapat dilihat dan di ukur dari berbagai aspek diantaranya adalah aspek profitabilitas.“Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan atau laba dalam suatu priode”.

 

 

      1.2.     Visi dan Misi Usaha

VISI USAHA:

  1. Memunculkan suatu produk dengan inovasi baru yang berbeda denganmakanan-makanan yang sudah ada.
  2. Memberikan kepuasan konsumen yang tiada hentinya menginginkan suatu produk dengan sentuhan inovasi baru.

 

MISI USAHA:

  1. Memperkenalkan produk kami pada masyarakat luas
  2. Memberikan kepuasan pada pelanggan
  3. Memanfaatkan bahan baku utama ,oreo sehingga menjadi makanan yang lebih menarik
  4. Mencari keuntungan dari modal yang ada

Selain ingin mendapatkan keuntungan saya ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini. Di balik ”berbisnis juga beramal”.

 

  1. ASPEK PEMASARAN

2.1       Gambaran Umum Pasar ( STP )

             Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha kita

  • Behavior : ditujukan kepada seluruh masyarakat dari anak kecil sampai orang dewasa yang memiliki kebiasaan memakan cemilan manis yang bernuansa baru.
  • Demografi :
  • Usia: dari anak kecil sampai orang dewasa

  • Jenis kelamin : wanita dan pria

  • Geografi : disekitar lingkungan kampus dan sekolah di Bandung.
  • Psikografi (kepuasan yang didapat) : dari memakan product ini kita akan merasakan sensasi yang berbeda dari memakan oreo.

 

                   Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari usaha kita.

  • Target pasar kita adalah mahasiswa.

 

                   Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita diantara pesaing usaha yang sejenis.

  • Cara kita menempatkan jenis usaha kita di pikiran konsumen yaitu dengan cara memberikan rasa yang beda dari yang lain serta memberikan service yang ramah agar konsumen merasakan kenyamanan saat membeli.
    • Permintaan
  • Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk.
  • Proyeksikan permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang seperti kenaikan x % per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk
Tahun Perkiraan Permintaan

( dalam Unit )

2014 700
2015 770
Kenaikan Per Tahun 10%

 

  • Penawaran
  • Penawaran dari produk pesaing sejenis di pasar
Nama Perusahaan

Pesaing

Kapasitas Produksi / Tahun

( dalam Unit )

Fourspeed  
Lingling  
Sushi  

 

  • Proyeksi penawaran dalam beberapa periode / tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan dengan permintaan seperti kenaikan x % per tahun sesuai pertumbuhan ekonomi.
Tahun Perkiraan Penawaran

( dalam Unit )

2014 600
2015 660
Kenaikan per Tahun 10%

 

 

 

  • Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar

Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 1 tahun disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran.

Pangsa Pasar adalah  bagian dari penjualan produk kita dibandingkan dengan penjualan total produk sejenis dalam industri

 

Tahun Permintaan

(A)

Penawaran

(B)

Peluang

(C = A-B)

Rencana

Penjualan

Pangsa Pasar

(E = DX100% / C)

2014 700 600 100 1000 10 %
2015 770 660 110 1100 10 %
           

 

  • Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing

Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas :

  • Product

Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas, ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.

  • Product kita diciptakan dengan menginovasi dari cemilan yang sudah ada, masyarakat mungkin mulai bosan dengan cemilan yang berupa biskuit coklat yang sudah ada. Maka kita menciptakan cemilan baru berupa oreo goreng, cheesecake oreo dan semua yang berbahan dasar oreo.

 

  • Price

Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan produk kita berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran, diskon/potongan harga.

  • Harga yang kita tawarkan cukup terjangkau oleh kantong mahasiswa dan masyarakat sekitar. Karna dengan harga yang lebih murah tapi mutu terjamin para konsumen akan lebih memilih product yang kita jual. Harga yang kita tawarkan yaitu kisaran Rp. 7.000,- s/d Rp.15.000,- untuk minuman dan untuk makanan sendiri kisaran Rp. 5.000,- s/d Rp. 20.000,-.

 

  • Promotion

Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :

  • Advertising (Iklan)

Beriklan dapat dilakukan melalui media berikut :

  • Media Cetak : Brosur, spanduk, poster,.
  • Media TV dan Radio : Radio
  • Sales Promotion

Promosi melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.

  • Biasanya kita akan melakukan promosi dengan memberikan kupon, dimana setiap pembelian 10 kali akan mendapatkan 1 kali gratis. Serta free tasting.
  • Personal Selling

Promosi melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan mencoba produk langsung.

  • Kita melakukan penjualan dengan media ini dengan cara mengikuti pameran di sekolah dan kampus. Jadi kita dapat bertemu langsung dengan konsumen.
  • Direct marketing
  • Kita melakukan promosi dengan direct marketing yaitu dengan cara melalui website, media sosial, dan sms.

 

 

 

 

 

  • Placement

Merupakan cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui pedagang perantara seperti wholesaler   (pedagang besar) atau retailer (pedagang kecil).

  • Cara kita mendistribusikan product dari wholsaler sampai dengan ke tangan konsumen yaitu, kita mengambil bahan- bahan untuk membuat cemilan oreo ini dari distributor tepercaya lalu diolah hingga sampai pada konsumen.

 

  • People

Merupakan kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.

  • Kriteria yang kita ambil untuk melakukan penjualan product ini yaitu yang memiliki keterampilan dalam mengolah cemilan, rajin, serta ramah dalam menghadapi konsumen.

 

  • Process

Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.

  • Proses yang kita pilih yaitu dengan cara kita mendatangi kampus ataupun sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kota Bandung. Selain itu kita juga memberikan diskon kepada pelanggan yang berulang tahun dengan menunjukan kartu tanda pengenal.

 

  • Physical Evidence

Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih untuk restoran.

  • Fasilitas yang kita tawarkan yaitu dengan memberikan wifi gratis kepada konsumen.

 

  1. ASPEK ORGANISASI dan MANAJEMEN

3.1.     Aspek Organisasi

Nama Usaha                     :  OrWie (Or : Oreo dan Wie (bahasa Jerman) : Suka)

Nama Pemilik                   :  Clara Naomi, Megawati Maulidyah J dan Siti Noormida K

Tempat Usaha                  :  Foodtruck sekitar kampus atau sekolah-sekolah di Kota Bandung

 

Struktur Organisasi

 

 

Jabatan, Jumlah Staf, Uraian Tugas dan Penggajian

Jabatan Jumlah Staf Uraian Tugas Gaji/ bulan

(Rp)

Total

(Rp)

Investor 1 Menyimpan modal    
Pemilik 1 Mengatur usaha agar semakin berkembang    
Kasir 1 Mengatur keuangan dan menerima hasil pembayaran dari konsumen 1.000.000 1.000.000
Koki 2 Membuat makanan sesuai menu dan sesuai pesanan konsumen 1.500.000 3.000.000
Pelayan 2 Melayani konsumen atau mengantarkan makanan ke konsumen 1.000.000 2.000.000
Total Gaji/bulan      6.000.000

 

      3.2.     Perijinan

Karena usaha kita yang berbentuk foodtruck, maka perijinan yang dibutuhkan adalah ijin dari masyarakat sekitar dan juga dari pemerintah setempat.Dimana kita harus mengikuti peraturan atau adat dimana tempat kita berjualan.Jangan sampai usaha kita mengganggu lalu lintas dan juga mengganggu kegiatan masyarakat sekitar.

 

3.3.     Kegiatan Pra Operasional dan Jadwal Pelaksanaan

KEGIATAN JADWAL PELAKSANAAN

( Dalam Mingguan )

1 2 3 4
1. Survei Pasar P   P  
2. Menyusun Rencana Usaha P P P P
3. Perijinan P P P P
4. Survei tempat usaha P P P P
5. Survai Mesin / Peralatan P   P  
6. Pemasangan Sarana Penunjang   P P  
7. Mencari tempat usaha P P P P
8. Uji Coba Produksi   P   P
9. Operasional P   P  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      3.4       Inventaris Usaha dan Supply Usaha

                   3.4.1.  Inventaris Usaha

Inventaris Merek Jumlah

(unit)

Harga

(Rp)

Jumlah

(Rp)

Mobil VW VW Combi 1 145.000.000 145.000.000
Kompor Gas Quantum 2 250.000 500.000
Tabung Gas Elpiji 3 kg 2 100.000 200.000
Wajan   4 75.000 300.000
Panci   4 50.000 200.000
Sendok   2 lsn 25.000 50.000
Garpu   3 lsn 25.000 70.000
Gelas   5 lsn 50.000 250.000
Piring   5 lsn 70.000 350.000
Piring Kecil   3 lsn 40.000 120.000
Meja Plastik   6 45.000 270.000
Kursi Plastik   20 30.000 600.000
Freezer   1 5.000.000 5.000.000
Total Inventaris Usaha 152.910.000

 

                   3.4.2.  Supply Usaha

Jenis Supply Usaha Total Biaya Per Bulan

(Rp)

Total Biaya Per Tahun

(Rp)

ATK

(Pulpen, Nota)

100.000 1.200.000
Gas Elpiji 3 kg 36.000 430.000
Bensin Mobil 1.000.000 12.000.000
Total Biaya Supply Usaha 13.630.000

 

  1. Aspek Organisasi

      4.1.     Produk

                   4.1.1.  Dimensi Produk

Adapun produk yang kami jual ini diantaranya :

  • Oreo Milshake

 

 

 

 

 

 

  • Kopi Susu Oreo Blend

 

 

 

 

  • Ice Vanila Oreo

 

 

 

 

  • Chocolate Mint Oreo Shakes

 

 

 

 

 

  • Bola-bola Coklat Truffle isi Oreo

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Coklat Oreo

 

 

 

 

  • Oreo Cheese Cake

 

 

 

 

 

  • Puding Coklat Manis dengan

Taburan Oreo

 

 

 

 

  • Mini Oreo Nutella Mousse

 

 

 

 

 

  • Green Tea Oreo Cheese Cake

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1.2.  Nilai/ Manfaat Produk

  • Manfaat inti : memberikan kesempatan kepada para konsumen yang sangat menyukai oreo untuk mencicipi semua makanan ataupun minuman yang berbahan dasar oreo sehingga tidak membosankan untuk dikonsumsi.
  • Manfaat dasar : memberikan kesempatan kepada konsumen yang suka nongkrong dengan ditemani makanan dan minuman yang ringan dan harga yang murah.
  • Manfaat yang diharapkan : konsumen dapat mencoba semua makanan dan minuman yang berbahan dasar oreo tanpa mengeluarkan uang yang banyak.
  • Manfaat diatas harapan : konsumen dapat menikmati makanan dan minuman itu ditemani dengan wifi gratis dan tempat nongkrong yang nyaman.
  • Manfaat potensial : konsumen dapat menikmati makan dan minuman sambil mengerjakan tugas atau hanya sekedar untuk membeli dan dibawa pulang.

 

4.1.3.  Kegunaan/ Fungsi Produk

Produk kami masuk kedalam produk konsumsi.Karena produk kami termasuk kedalam produk makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh konsumen akhir.Dimana bahan yang kami butuhkan juga tidak terlalu sulit sehingga konsumen dapat menikmati menu kami setiap saat.Selain itu produk kami juga produk yang mempunyai karakteristik unik karena semua bahan dasar dari produk kami berupa makanan ringan oreo yang sangat disukai oleh semua kalangan.Oreo yang mudah ditemui dan dijumpai dimana saja membuat semua konsumen tidak merasa asing dengan oreo.Sehingga konsumen ingin mencoba makanan atau minuman yang berbahan dasar oreo.Makanan dan minuman ini ditujukan untuk mereka yang merasa bosan dengan oreo yang begitu-begitu saja.Sehingga konsumen dapat menikmati makanan dan minuman tersebut.

 

 

 

4.2.     Proses Produksi

1) Oreo Milshake

Bahan :

5 biskuit oreo
4 Cubes es batu
2 sendok makan coklat bubuk atau bisa diganti sirop coklat
2 Scoops (sendok besar) Vanilla Ice Cream
2 cangkir susu UHT

Tambahan :
Whipped Cream
Sirup coklat

Cara membuat oreo milk shake :

1. Siapkan blender. Masukan oreo, es batu, coklat bubuk, ice cream dan susu UHT.
2. Nyalakan blender sampai oreo lumat dan semua bahan tercampur rata
3. Tuang pada gelas saji
4. Beri whipped cream dan sirup coklat jika suka
5. Segera hidangkan selagi masih dingin

2) Kopi Susu Oreo Blend

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
100 ml susu cair panas
1 sendok makan gula pasir
1 sendok makan kopi instan
5 skop es krim vanila (168 gram)
50 gram es batu
4 keping biskuit cokelat, tanpa krim, dipotong-potong

Cara Pengolahan :

1.     Larutkan susu cair, gula pasir, dan kopi instan. Dinginkan.

2.     Campur kopi susu es krim dan es batu. Blender halus.

3.     Tambahkan iscuit cokelat. Blender sekali. Sajikan dingin.

3) Ice Vanilla Oreo

Bahan-Bahan :
150 ml susu cair/ susu sapi murni (bisa juga diganti susu kedelai)
3 sdm susu kental manis
es batu secukupnya (kira2 1 cangkir)
3 keping biskuit oreo
chocolate chip
meisis

4) Chocolate Mint Oreo Shakes

Bahan-bahan :
3 scoops Es Krim Vanilla
2 buah biskuit Oreo
2 buah coklat Andes Creme de Menthe (dijual di supermarket)
es batu secukupnya
1 sendok makan minuman white Creme de Menthe
1 sendok makan minuman white Creme de Cacao
Cara membuat :
1. Masukkan es krim Vanilla, es batu, dan Andes Creme de Menthes, blender hingga halus.
2. Setelah halus, masukkan Oreo dan minuman penambah rasa. Blender sesuai selera.
3. Tambahkan hiasan daun mint diatasnya.
4. Minuman nikmat ini siap dihidangkan.

5) Bola-bola Coklat Truffle isi Oreo

Bahan : 

·  10 keping biscuit oreo, haluskan.

·  150 gram whip cream

·  100 gr kacang mente, panggang,tumbuk kasar

·  250 gram dark cooking coklat

·  50 cc air es

·  2 sdm mentega (butter)

·  2 blok coklat milk

Cara Membuat :

·  Lelehkan coklat milk dan mentega dengan cara di tim. Sisihkan

·  Campur air es dan whip cream sampai kaku, sisihkan.

·  Campur kacang mente, biscuit oreo dan coklat yang sudah di lelehkan, aduk sampai tercampur rata. Masukan ke dalam kocokan whip cream, aduk rata.

·  Masukan dalam freezer selama ± 25 menit. Keluarkan dari freezer lalu bagi adonan menjadi bulatan – bulatan kecil sebesar bakso. Masukan lagi kedalam freezer ± 10 menit.

·  Lelehkan dark cooking chocolate, biarkan agak dingin namun masih cair.

·  Masukan bulatan – bulatan adonan isi ke dalam coklat leleh, angkat dengan garpu, (masukkan dalam cup kecil bila suka) biarkan mengeras. coklat truffle siap dihias,,,

6) Coklat Oreo

Bahan:
50 gr Oreo memperlakukan, hancur
Manis mengurangi penggunaan 1 sdm putih
½ sdm rhum
400 g manis, meleleh
50 oz. mempersiapkan hitam coklat hitam, meleleh
Cara membuat:
1. Oreo memperlakukan dan menggunakan dan aduk sampai rhum gabungan.
2. Mengambil sedikit uang dan daerah seperti manik-manik kaca. Lakukan sampai habis.
3. Campur hitam sedikit mempersiapkan cokelat hitam dan manis yang telah dibubarkan. Setelah itu, celupkan ke dalam setiap campuran coklat Oreo daerah hitam. Lakukan sampai Oreo jangkauan keluar.
4. Masukkan semua daerah yang telah ditutupi coklat Oreo hitam ke dalam kulkas. Biarkan mengunci.
5. Hapus dari kulkas dan sajikan.

7) Oreo Cheese Cake

Bahan-Bahan

– 4 bungkus Oreo
– 95 g butter melted

– 3 sdm Susu Kental manis
– 2 sdm susu cair full cream (kemaren pake cimory yang plain, hehe)
– 1 sdm gelatine powder ( di ganti pake 1 sdm bubuk nutri jel)
– 3 sdm air panas (karena pake bubuk nutrijel,, air panas nya di kira-kira ya sampe bubuk nutrijel nya hancur)
– 250 g (1 kotak) Cream cheese (kemaren pake cream cheese merek yummy,, soalnya ada tulisan halal)
– 50 g gula halus
– 200 g whipping cream (kemaren pake merek anchor, lagi-lagi karena ada tulisan halal)

Cara buat :
1. untuk membuat dasar kue nya,, gunakan kurang lebih 25 keping oreo,, pisahkan cream putih nya, kemudian hancur kan (kemaren biar cepet pake processor aja),,

2. Sisa Oreo yang belum di pakai,, pisahkan juga cream putih nya,,

3. Campur remah biskuit halus dengan mentega cair (dilelehkan), krim isi-putihnya Oreo yang 25 keping + cream putih oreo dari sisa oreo yang lain nya & susu kental manis. Aduk sampai tercampur merata, sambil ditambahkan susu cair sesendok demi sesendok.

4. Setelah tercampur merata, tuang adonan dasar kue ini ke loyang kue, ratakan sampai padat & tekan-tekan hingga menutupi seluruh dasar loyang. Dinginkan di freezer selama membuat adonan isi cheesecake.

Isi cheesecake :
5. Larutkan gelatine /bubuk nutri jel ke dalam air panas sampai larut, diamkan..
6. Kocok cream cheese bersama gula halus sampai tekstur cream cheese jadi lembut & creamy. Kemudian masukkan larutan gelatin/nutri jel, aduk rata. Simpan dalam kulkas.

7. Kocok whip-cream sampai mengembang (jangan sampai terlalu kaku),, kocok nya di dalam wadah yang sudah didinginkan dalam kulkas ya,, biar volume whip cream ga turun.

8. Campurkan kocokan whipped-cream ke dalam adonan cream cheese. Aduk perlahan dengan spatula sambil menambahkan potongan biskuit oreo yang di hancurkan tidak terlalu hancur. mengaduk nya kurang lebih 4-5 kali aja ya,, soalnya kalo terlalu sering bisa bikin volume whip cream nya turun,, jadi kempes deh.

9. Tuang 1/2 adonan isi cheesecake ke dalam loyang berisi adonan dasar (yang sebelumnya didinginkan), di atasnya, susun sisa biskuit oreo yang masih utuh. Kemudian, tuangkan seluruh sisa 1/2 adonan isi cheesecake. Ratakan permukaan cheesecake dengan spatula, beri oreo utuh lagi buat hiasan

10. Kue ini belum bisa di makan,, harus di dingin in dulu di lemari es selama kurang lebih 4-6 jam,, dengan cara menutup loyang dengan alumunium voil,,,

8) Puding Coklat Manis dengan Taburan Oreo

Bahan :

1      Bungkus puding atau agar-agar cokelat sachet.

2      1 bungkus fla dalam kemasan (atau fla instant nutri jel).

3      1 bungkus oreo (dipakai secukupnya untuk topingnya nanti).

4      Air matang secukupnya.

Cara membuatnya :

·       Mula-mula kita masak terlebih dahulu puding coklat sachet sesuai dengan takaran air yang ada didalam petunjuk kemasannya lalu masak mendidih.

·       Selanjutnya diamkan puding panas tadi sampai menjadi hangat kemudian siapkan cetakannya atau cup plastik lalu tuangkan adonan puding tadi kedalamnya dan dinginkan.

·       Langkah berikutnya siapkan wadah terpisah lalu kita masukkan fla bubuk dan air hangat sesuai petunjuk yang ada dikemasan fla lalu aduk-aduk bahan fla tersebut sampai mengental.

·       setelah itu, kita tumbuk kasar biskut orea secukupnya.

·       Terakhir, jika puding coklat telah dingin dan mengeras kita beri adonan fla secukupnya dan beri juga taburan biskuit oreo diatsnya lalu sajikan.

·       Akan lebih lezat lagi jika puding coklat tersebut disimpan terlebih dahulu didalam kulkas dan disajikan dalam keadaan dingin.

 

9) Mini Oreo Nutella Mousse

Bahan Alas :

·       100 gram biskuit putih (gandum), haluskan

·       35 gram mentega tawar, lelehkan

·       1 sendok makan susu kental manis

Bahan Isi :

·       50 gram gula pasir

·       3 kuning telur

·       250 gram selai cokelat (mis: nutella)

·       250 ml whipping cream, kocok mengembang

·       5 lembar gelatin, rendam, tim hingga meleleh

·       20 keping biskuit oreo tanpa krim

Bahan Hiasan :

·       100 gram whip cream

·       2 keping oreo tanpa krim, blender halus

Cara membuat:

1.     Alas, campur biskuit keju, mentega tawar leleh, dan susu kental manis. Aduk rata. Pipihkan dalam plastik mika bulat diameter 5 cm. Sisihkan.

2.     Kocok gula pasir dan kuning telur diatas panci yang berisi air panas hingga mengental. Masukkan Nutella dan gelatin. Kocok rata. Angkat.

3.     Tambahkan whipping cream. Aduk perlahan. Tuang setinggi 1/2 ring. Tambahkan dua keping oreo. Tuang kembali adonan sampai setinggi 3/4 ring. Bekukan.

4.     Semprotkan whip cream. Tabur dengan oreo.

10) Green Tea Oreo Cheese Cake

bahan alas:
150 gram plain crackers
75 gram mentega tawar, lelehkan
bahan cheesecake:
250 gram cream cheese
50 gram gula tepung
1/2 sendok makan green tea bubuk
100 gram white cooking chocolate, lelehkan
3 lembar gelatin, rendam, peras, tim
200 gram krim kental, kocok setengah mengembang, dinginkan
8 keping biskuit oreo tanpa krim, cincang kasar
24 buah gelas plastik
bahan toping:
50 ml krim kental
100 gram dark cooking chocolate
Cara membuat:

1.     Alas, aduk rata semua bahan alas sampai bergumpal. Pipihkan di dasar gelas plastik. Dinginkan 30 menit dalam lemari es. Sisihkan.

2.     Cheese cake, kocok cream cheese asal lembut. Masukkan gula tepung dan green tea bubuk. Kocok rata. Tambahkan white cooking chocolate dan gelatin. Kocok rata.

3.     Masukkan sedikit-sedikit dalam kocokan krim sambil kocok perlahan. Tambahkan oreo. Aduk sekali asal tersebar.

4.     Tuang diatas alas. Bekukan.

5.     Toping, panaskan krim. Matikan api. Masukkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai cokelat larut. Sendokkan ke atas cheese cake. Dinginkan.

 

 

 

      4.3.     Kapasitas Produksi

Tahun Perkiraan Penawaran

( dalam Unit )

2014 600
2015 660
Kenaikan per Tahun 10%

 

      4.4.     Tanah dan Bangunan

Karena usaha kita berupa foodtruck maka tanah dan bangunan tersebut tidak tersedia.Kecuali tanah yang kita tempati untuk berjualan sudah diijinkan oleh pemiliknya atau masyarakat sekitar dan tidak menimbulkan kegaduhan ataupun kerugian bagi pengguna tanah lainnya.Dimana kita sebagai produsen dan konsumen itu sendiri harus menjaga keamanan dan kenyamanan dari tanah yang kita tempati tersebut.

 

4.5.     Pemasangan Sarana Penunjang

Jenis Biaya Jumlah Biaya / bulan
1.      Pemasangan instalasi listrik Rp.    300.000
2.      Pemasangan instalasi telepon Rp.    100.000
3.      Pemasangan instalasi internet Rp.    500.000
4.      Dan lain-lain Rp.    300.000
Total Biaya Pemasangan Sarana Penunjang : Rp. 1.200.000

 

      4.6.     Mesin dan Peralatan

Nama Mesin/Peralatan Jumlah Unit Harga (Rp) Jumlah Harga (Rp)
Mobil VW 1 145.000.000 145.000.000
Kompor Gas 2 250.000 500.000
Tabung Gas 2 100.000 200.000
Wajan 4 75.000 300.000
Panci 4 50.000 200.000
Sendok 2 lsn 25.000 50.000
Garpu 3 lsn 25.000 70.000
Gelas 5 lsn 50.000 250.000
Piring 5 lsn 70.000 350.000
Piring Kecil 3 lsn 40.000 120.000
Meja Plastik 6 45.000 270.000
Kursi Plastik 20 30.000 600.000
Freezer 1 5.000.000 5.000.000
Total Pembelian Mesin / Peralatan 152.910.000

 

 

 

4.7.     Bahan Baku dan Bahan Pembantu

Bahan Baku Bahan Pembantu
1) Oreo

2) Es Batu

3) Es Cream

4) Susu

5) Air

6) Keju

7) Gula Pasir

8) Kopi

9) Coklat

10) Mentega

11) Kacang Mente

12) Bubuk Agar-agar

13) Fla

14) Green Tea Bubuk

15) Gelatin

1. Whipped Cream

2. Sirup coklat

 

4.8.     Bahan Produksi (Tenaga Kerja Langsung)

Biaya Bahan Baku per Minggu

Nama Bahan Baku Jumlah Unit Harga (Rp) Jumlah Harga (Rp)
1) Oreo

2) Es Batu

3) Es Cream

4) Susu Kental Manis

5) Air

6) Keju

7) Gula Pasir

8) Kopi

9) Coklat

10) Mentega

11) Kacang Mente

12) Bubuk Agar-agar

13) Fla

14) Green Tea Bubuk

8 pak

 

2 ember/ rasa

3kaleng/ rasa

 

4 dus

7 kg

5 bungkus

8 batang

8 kg

2 kg

12 bungkus

10 bungkus

3 dus

10.500

 

200.000

6.000

 

21.900

7.000

3.000

17.000

10.000

65.000

4.000

5.000

25.000

84.000

 

400.000

18.000

 

87.600

49.000

15.000

136.000

80.000

130.000

48.000

50.000

75.000

Total Pembelian Bahan Baku 1.172.600

 

Perencanaan tenaga kerja langsung diupah per minggu. Dimana rinciannya :

Jenis Pekerjaan Upah/ bulan (Rp) Jumlah Pekerja Jumlah (Rp)
Kasir

Koki

Pelayan

1.000.000

1.500.000

1.000.000

1 orang

2 orang

2 orang

1.000.000

3.000.000

2.000.000

Total Upah Tenaga Kerja Langsung 6.000.000

 

 

      4.9.     Biaya Umum Usaha/ Pabrik

Jenis Biaya Umum Usaha/Pabrik Jumlah Biaya/Tahun (Rp)
1.   Pemeliharaan mesin dan peralatan 3.000.000
2.   Suku cadang, bahan bakar, oli, dsb. 8.000.000
3.   Rekening listrik, air, telepon. 14.400.000
Total Biaya Umum Usaha/Pabrik per tahun: 25.400.000

 

  1. Aspek Keuangan

5.1.     Strategi Sumber Pendanaan Usaha

Sumber pendanaan usaha kami berasal dari modal sendiri dan juga pinjaman dari bank.Mengapa kita meminjam ke bank, karena selain bisa meminjam dalam jumlah yang banyak, di bank juga bunganya tidak terlalu besar.

5.2.     Proyeksi Keuangan

5.2.1.  Sumber Pendanaan

Uraian Persentase (%) Jumlah
(a) (b) (c = a + b)
1. Modal Sendiri 50 %   50 %
2. Pinjaman 50 %   50 %
Jumlah (1+2) 100 %   100 %

 

5.2.2.  Kebutuhan Pembiayaan/ Modal Investasi

Uraian Banyaknya Harga/Unit (Rp) Jumlah

(Rp)

(1) (2) (3 = 1 x 2)
a. Mesin/Peralatan 1 7.910.000 7.910.000
b. Peralatan Kantor 1 1.200.000 1.200.000
c. Alat angkut 1 145.000.000 145.000.000
d. Biaya pra operasi 1 1.200.000 1.200.000
Jumlah 1 155.310.000 155.310.000

 

5.2.3.  Kebutuhan Pembiayaan/ Modal Kerja

Uraian Banyaknya Harga/Unit (Rp) Jumlah
(1) (2) (3 = 1 x 2)
a. Bahan Baku 1 1.172.600 1.172.600
b. Persediaan Bahan 1 1.000.000 1.000.000
c. Produk dalam proses 1 500.000 500.000
d. Piutang
e. Uang Kas 1 5.000.000 5.000.000
Jumlah 1 7.672.600 7.672.600

 

5.2.4.  Analisa Biaya Tetap

Uraian Banyaknya Harga/Unit (Rp) Jumlah (Rp)
(1) (2) (3 = 1 x 2)
a. Gaji 1 6.000.000 6.000.000
b. Penyusutan
c. Bunga Pinjaman 1 200.000 200.000
d. Biaya Pemasaran 1 200.000 200.000
e. Biaya Lainnya 1 300.000 300.000
Jumlah 1 6.700.000 6.700.000

 

5.2.5.  Analisa Biaya Tidak Tetap

Uraian Banyaknya Harga/Unit (Rp) Jumlah (Rp)
(1) (2) (3 = 1 x 2)
a. Upah 1 1.500.000 1.500.000
b. Biaya Bahan 1 1.172.600 1.172.600
Jumlah 1 2.672.600 2.672.600

 

5.3.     Analisa Kelayakan Usaha

Pay Back Period = Total Inventaris x 1 Tahun
Net Income + Depreciation

 

Pay Back Period = 160.000.000 x 1 Tahun
48.000.000 + 5.000.000

 

Pay Back Period = 3 Tahun

 

5.4.     Analisa Keuntungan

BEP = Biaya Tetap x 100 %
Hasil Penjualan – Biaya Variabel

 

BEP = Biaya Tetap x 100 %
Hasil Penjualan – Biaya Variabel

 

BEP = 80.400.000 x 100 %
84.000.000 – 32.071.200

 

BEP = 154 %


Leave a Reply